Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemda Samosir Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Rabu | 11 April WIB Last Updated 2018-04-26T07:52:51Z
Partukkoan - Samosir

Sekretaris Daerah Drs. Jabiat Sagala, M.Hum yang mewakili Bupati Samosir membuka secara resmi Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (11/04/2018).

Sosialisasi Saber Pungli digelar dengan tujuan sebagai sarana dalam mensosialisasikan keberadaan satgas saber pungli di Kabupaten Samosir sekaligus untuk melakukan pencegahan dan pengawasan terjadinya praktek dan tindakan pungutan liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Drs. Jabiat Sagala dalam sambutannya menyambut baik terselenggaranya sosialisasi saber pungli ini dengan harapan agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang bersih, jujur, transparan dan terhindar dari pungutan liar.

"Pemerintah sekarang telah bergerak cepat dalam memberantas praktek pungutan liar, hal ini dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar yang bertindak sebagai payung hukum pembentukan tim sapu bersih pungutan liar," kata Jabiat. 

Saber Pungli katanya salah satu upaya yang sangat penting dalam mendorong pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi (Clean Government).

Berdasarkan Keputusan Bupati Samosir Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Samosir, maka Satgas Saber Pungli Kabupaten Samosir telah dikukuhkan pada tanggal 07 Maret 2017 yang lalu. 

Unit Satuan Tugas (Satgas) diharapkan mampu bekerja dengan tulus, jujur, dan responsif menerima masukan dari masyarakat sehingga simpul-simpul yang menjadi potensi terjadinya pungutan liar dapat dicegah. 

"Sehingga kepercayaan publik terhadap pemerintah dapat meningkat, keadilan dan kepastian hukum juga dapat ditegakkan," tambahnya.

Satgas Saber Pungli mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang berada di Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah.

Peserta Sosialisasi Saber Pungli diikuti pimpinan OPD dan Sekretaris OPD, Camat dan Sekretaris Camat. Narasumber terdiri dari Kejari Samosir dan Wakapolres Samosir. (***)

Editor: Junjungan Marpaung
close