Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sistem Penyediaan Air Minum Dibangun di Desa Simanindo

Sabtu | 12 Mei WIB Last Updated 2018-05-12T08:07:11Z
Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Paket I KSPN
Partukkoan - Samosir

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Paket I KSPN Danau Toba dengan biaya Rp. 26,3 miliar yang bersumber dari APBN Kementerian PUPUR Tahun anggaran 2018 dibangun di Desa Simanindo Sangkal Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir.

Peletakan pertama pembangunan SPAM itu dilaksanakan Jumat (11/05/2018) dilakukan oleh Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM bersama Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga.

Pejabat Pembuat Komitmen Donny Sofyan Arifin menyampaikan, sumber air SPAM ialah dari air Danau Toba dengan cara dinaikkan ke WTP/Reservoar melalui operasi pompa berkapasitas 1x20 liter per detik. 

"Air tersebut kemudian diproyeksikan kepada pemanfaat sekitar 1.600 KK di 7 desa yakni Desa Simanindo Sakkal, Marlumba, Martoba, Unjur, Ambarita, Garoga dan Desa Tomok," katanya.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menjawab permintaan dari Pemkab Samosir.


Beberapa pembangunan yang telah berjalan saat ini kata Rapidin, diantaranya pembangunan jalan nasional, pelebaran alur tano ponggol dan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat Samosir termasuk SPAM dan layanan kesehatan masyarakat. 

"Pemkab Samosir juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dan akan melakukan pembangunan yang merata dengan mengedepankan prinsip prioritas karena anggaran yang masih terbatas," ucapnya.

Kegiatan peletakan batu pertama itu turut dihadiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kementerian PUPR, Pimpinan OPD, Camat Simanindo, Kepala Desa Simanindo Sangkal, Marlumba, Martoba, Unjur, Ambarita, Garoga, Tomok, pemilik lahan, masyarakat dan Kontraktor pelaksana PT. Tashida Sejahtera Perkasa dan PT. Profitama Gloraria (KSO). *

Editor: J. Marpaung
close